Beranda Berita Bersandar di Museum Mandar

Bersandar di Museum Mandar

157
0
BERBAGI

Foto Dari Cinna Pictures ( Gallery Mandar Production )

Oleh MursidinĀ 

Bukan, lokasi foto foto ini bukan di Kota tua Batavia, bukan Pula Yogya, bukan juga bangunan peninggalan koloni di Semarang. Ya, ini di Majene kota tua, bekasĀ  ibukota Afdelling Mandar yang sarat dengan peninggalan sejarahnya, dari zaman kerajaan hingga Kolonial. Kini Majene telah menjelma menjadi satu Kabupaten di Sulawesi Barat yang terus berbenah.

Dalam Pembangunannya, utamanya di sector Pariwisata dan Budaya, Majene mempunyai beragam peninggalan situs atau bangunan bersejarah sebagai modal awal. Salah satunya ialah Bangunan Rumah Sakit pertama di Tanah Mandar yang kini dialihfungsikan sebagai Museum. Bangunan yang didirikan di awal abad 19 (1905/1910) ini tetap berdiri gagah tak tergerus zaman.

Dari luar Museum suasana dan kesan zaman colonial terasa sangat kental tersirat dari arsitektur khas Eropa. Di dalam Museum ini sendiri denah, koleksi museum, hingga ubin asli yang berusian 100an tahun masih tersusun rapi. Dokumen dokumen bersejarah berbahasa belanda juga masih utuh terawat terpajang dalam cabinet cabinet kaca.

Tempat ini sangat cocok bagi para pencinta sejarah, pelajar, atau anda yang menyukai koleksi barang barang antik, beragam peninggalan Khas Suku Mandar dari kerajaan kerajaan lampau, dan peninggalan colonial Belanda ada di sini.

Di luar Museum pemandangan Kota Majene dari ketinggian terlihat jelas, di Sore hari bias Mentari jelang senja menambah eksotisme tempat ini, mungkin saatnya anda datang dan berfoto seperti gambar gambar di atas, Bersandar di Museum Mandar.

Foto Dari Muhammad Fiqri ( GALLERY MANDAR PRODUCTION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here