Beranda Event Festival Sandeq Teluk Mandar 2022 Banyak Diapresiasi… Pemkab Majene, Passandeq dan Masyarakat...

Festival Sandeq Teluk Mandar 2022 Banyak Diapresiasi… Pemkab Majene, Passandeq dan Masyarakat umum berterima kasih ke Kemendikbudriset RI

120
0
BERBAGI

 

Pelaksanaan Festival sandeq Teluk Mandar Tahun 2022 telah berakhir 28 September 2022, namun euforia pelaksanaan para pelaku, pemerhati dan seluruh masyarakat Kabupaten Majene dan Polman masih terasa… Para Passandeq yang lolos ke final dan mendapat hadiah melaksanakan syukuran atas keberhasilan yang dicapai. sebagian peserta lain sdh melepas bagian perahunya untuk disimpan pada parkiran kapal masing-masing. Panitia di Kantor Disbudpar sendiri masih ramai didatangi para passandeq untuk mengambil uang pembinaan dan trophi perorangan.
Sebagaimana yang kita ketahui, Festival Sandeq Teluk Mandar 2022 telah selesai dilaksanakan dimulai pada Tanggal 26-28 September 2022. Festival ini menjadi bagian dari Program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan Campaign Manager untuk wilayah Sulbar dibawah Koordinasi Kemendikbudristek RI. Menurut Afiat Mulwan, salah satu penanggungjawab kegiatan, sebagai bagian dr Program Gernas BBI, maka seluruh pembiayaan kegiatan ini bersumber dari Kemendikbudristek, Pemkab Majene berkontribusi melalui rehabilitasi berat Anjungan Sandeq Pantai Labuang Majene sebagai lokasi pelaksanaan kegiatan.
Lanjut menurut Afiat kegiatan ini dilaksanakan dengan rangkaian kegiatan, Pra Festival melalui kegiatan Student on Sandeq : Praktek berlayar bersama Passandeq yang dilaksanakan diintegrasikan dengan Festival Sandeq IKN pada tanggal 1 September 2022. Sebanyak 22 peserta ikut berlayar menaiki sandeq klasik pada rute Pantai Majene-Pantai Palipi Sendana. Dilanjutkan pada tanggal 26 September melalui kegiatan Seminar & Workshop Sandeq dan Budaya Maritim. Kegiatan ini menghadirkan narasumber nasional diantaranya Mr. Horst Liebner, Abdul Rahman Hamid dan Ridwan Alimuddin. Tidak ketinggalan para pelaku sandeq diwakili Muh. Thahir juga dihadirkan untuk menjelaskan seluruh ritual sandeq dr proses pemilihan pohon sampai turun ke laut. Seminar ini diikuti oleh 36 orang perwakilan Siswa, 12 perwakilan Guru, 10 perwakilan Mahasiswa, 12 perwakilan komunitas dan penggiat literasi.
Lomba Sandeq Segitiga sendiri dimulai pada tanggal 27 September 2022, berlaga 18 Kapal Sandeq yang dibagi dalam 2 pool. Masing-masing Pool akan diambil 3 perahu tercepat untuk berlaga pada Partai Final pada tanggal 28 September 2022. Dari 6 peserta yang berhasil mengikuti babak final, yaitu grup A perahu sandeq Cendrawasih, Nur Amanah dan Sinar Banggae, sementara peserta juara pada grup B, yakni perahu sandeq Rua Piolo, Merpati Putih dan Masya Allah. Akhirnya keluar sebagai pemenang. Pada etape ketiga atau terakhir, perahu sandeq Masya Allah menembus garis final dan dinyatakan sebagai juara pertama pada event FSTM 2022, disusul perahu Nur Amana sebagai juara dua dan ketiga Cendrawasih. Sementara untuk posisi harapan satu diraih perahu Rua Piolo dan harapan kedua Merpati Putih serta harapan ketiga Sinar Banggae.
pada waktu bersamaan pada tanggal 28 September bertempat di Kompleks Makam Raja-Raja Hadat dilaksanakan Lomba Kuliner Tradisional berbahan Non Beras dengan Menu utama adalah objek Waisan Budaya Tak Benda. Peserta diikuti oleh 10 tim PKK Tingkat Kabupaten dan Kecamatan se-Kab. Majene. Tim Penggerak PKK Kecamatan Sendana juara pertama, Untuk pemenang kedua diraih TP-PKK Kecamatan Pamboang disusul TP-PKK Kecamatan Tammero’do sebagai pemenang ketiga. Sedangkan pemenang harapan satu diraih TP-PKK Kecamatan Banggae, harapan dua TP-PKK Banggae Timur dan harapan ketiga TP-PKK Kecamatan Tubo. untuk peserta favorit I diraih TP-PKK Kecamatan Malunda dan Favorit kedua TP-PKK Kecamatan Ulumanda.
Seluruh rangkaian kegiatan tersebut mendapatg apresiasi positif masyarakat Kabupaten Majene. terlihat dari antusias peserta seminar, passandeq dan masyarakat juga dari Tim Penggerak PKK. salah satu perwakilan Passandeq yang akrab dipanggil Udztad Gondrong mengatakan permintaan terima kasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here